Teori Perkembangan Kognitif
Tujuan dari upaya piaget adalah
menemukan karakteristik dari logika alamiah, yang terdiri dari proses penalaran
ayng dibangun oleh individu pada berbagai
fase dalam prkembangan kognitif . pertama, dia tidak mendukung tentang
pengetahuan sebagai informasi statis yang berada di dalam objek dan peristiwa
yng terpisah dari individu.
Dalam karyanya, pengetahuan
adalah proses mengorganisasi yang membentuk struktur yang dibutuhkan untuk
beradaptasi dengan lingkunagan. Karena itu, kecerdasan adalah proses yang terus
berjalan dan berubah, dan aktivitas pemelajar menciptakan proses mengetahui. Pertanyaan
utama bagi psikologi karenanya adalah bagaimana pemelajar maju dari satu tahap
konstruksi pengetahuan ke tahap selanjutnya.
Transformasi dari salah satu
bentuk penalaran ke bentuk yang lain tergantung kepada empat faktor esensial. Mereka
adalah lingkungan, kematangan, pengaruh sosial, dan proses yang disebut sebagai
ekuilibrasi.peran ekuilibrasi adalah untuk mempertahankan fungsi kecerdasan
ketika hal tersebut melakukan transformasi.
Ada 3 karakteristik yang membedakan
pemiiran operasioanl dengan jenis tindakan lainnya :
1.
Suatu transformasi
dikompensasi oleh perubahan dalam karakteristik lain
2.
Hakikat esensial dariobjek atau data tetap
tidak berubah. Pengenalan ciri yang tetap dari situasi dan kemampuan untuk
menjelaskan mengapa ia tidak berubah disebut sebagai konservasi.
3.
Tindakn. Ketika anak
memahami bahwa suatu transformasi secara simultan dan secara pasti
mengimplikasikan kebalikannya, maka anak telah mengembangkan konsep keterbalikan. Anak telah mengonstruksi
struktur operasional internal dan dapat menganalisis situasi secara akurat
tanpa kebingungan.
Komponen perkembangan kognitif terdiri dari ;
(a)
Struktur psikologis dari
pemikiran logis
(b)
Proses fundamental yang trlibat dalam
interaksi dengan lingkungan
Individu mencapai
pemikiran logisnya dalam ranah tertentu ketika dia dapat secar a simultan
mengoordinasikan operasi dan kebalikanya, dapat memperediksi sejak awal
bentuk0bentuk perubahan yang akan terjadi, dan dapat mendukung keputusannya berdasarkan
keniscayaan.
Proses fundamental
dalam perkembangan pemikiran logis adalah asimilasi, akomodasi, dan
ekuilibrasi. Asimilsi adalah integrasi elemmen eksternal ke dalam struktur internal
pemelajar. Akomodasi mencakup
penyesuaian dalam struktur internal pemelajar dan transformasi kualitatif dalam
pemiiran. Ekuilibrasi adalah seperangkat proses yang kompleks dan dinamis yang
secara kontinyu mengatur perilaku. Peran utama ekuilibrasi adalah
mempertahankan fungsi intelektual selama perkembangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar