Kamis, 19 Desember 2013

Kondisi Belajar Robert  Gagne


Asumsi Dasar Kondisi Belajar Gagne :
1.       Belajar dan pertumbuhan tidak boleh disamakan satu sama lain.
2.       2. Belajar adalah faktor kausal penting dalam perkembangan individual
3.       Banyak hasil belajar manusia digeneralisasikan ke berbagai macam situasi
4.       Belajar manusia adalah kumulatif, belajar keterampilan yang kompleks didasarkan pada belajar sebelumnya
5.       Belajar bukan proses tunggal


Kunci untuk pengembangan teori belajar yang komprehensif adalah menjelaskan sifat yang kompleks dari belajar manusia. Pertama, berbeda dengan model pertumbuhan- kesiapan di mana pendewasaan ( maturation)  mengatur proses belajar, Gagne berpendapat bahwa belajar adalah faktor kausal penting dalam perkembangan. kedua, belajar manusia bersifat kumulatif. belajar keterampilan yang lebih kompleks. hasilnya adalah kompetensi intelektual yang terus meningkat. ketiga, belajar manusia adalah kompleks dan beragam. prosesnya tidak dapat direduksi menjadi S-R atau pengalaman wawasan yang dideskripsikan oleh teoritisi Gestalt. Selain itu, studi belajar tidak boleh fokus pada pengembangan prinsip yang berlaku hanya pada satu bidang subjek. deskripsi yang memadai dari belajar manusia harus berlaku untuk berbagai macam aktivitas manusia di beragam latar dan situasi di mana belajar itu terjadi. juga, belajar menghasilkan disposisi yang dipertahankan yang dibuktikan oleh kinerja tertentu. keluaran ( outcomes) dari belajar disebut kapabilitas. proses belajar adalah proses kognitif yang memproses informasi di lingkungan menjadi berbagai macam kapabilitas

ada sembilan tahapan belajar:
1. memerhatikan
fungsi :  memberikan peringatan bagi pemelajar terhadap adanya stimulus
2. harapan
fungsi : mengorientasikan pemelajar pada tujuan belajar
3. pengambilan kembali 
fungsi :  memberi ingatan tentang kapabilitas yang diperlukan
4. persepsi selektif terhadap ciri stimulus
fungsi : memungkinkan penyimpanan stimulus penting secara temporer di dalam ingatan kerja 
5. pengkodean semantik
fungsi : transfer ciri stimulus dan informasi yang tersimpan ke dalam ingatan jangka panjang
6. pengambilan kembali dan respon 
fungsi : mengembalikan informasi yang tersimpan ke penggerak respon individual dan mengaktifkan respon 
7. penguatan
fungsi : mengkonfirmasi harapan pemelajar tentang  tujuan belajar
8. pengambilan petunjuk
fungsi : memeberikan petunjuk tambahan untuk pengingatan kapabilitas di waktu mendatang
9. kemampuan generalisasi
fungsi ; memperkaya transfer belajar ke situasi baru

dua organisasi kapabilitas yang merepresentasikan belajaryang kompleks adalah prosedur dan hierarki belajar. prosedur adalah seperangkat tindakan yang dilakukan secara berurutan dan terdiri dari keterwmapilan motorik dan intelektual contoh memarkir mobil secara paralel.
berbeda dengan prosedur , hierarki belajar adalah seperangkat keterampilan motorik dan intelektual yang diorganisasikan di mana setiap kapabilitas adalah prasyarat esensial untuk keterampilan berikutnya yang lebih tinggi. hierarki adalah organisasi keteram[ilan psikologis , bukan sekuensi informasi logis. ada empat level diskret dalam hierarki, yakni belajar diskriminasi, belajar konsep, belajar aturan , dan belajar kaidah yang lebih tinggi. diskriminasi termasuk membedakan objek dan kejadian yang berbeda-beda, seperti bentuk geometris. diskriminasi juga sering merupakan syarat untuk mempelajari konsep konkret, yang dipelajari melalui observasi langsung. sebaliknya konsep yang didefenisikan tidak punya contoh konkret. ini sering disebut sebagai abstrak, biasanya mengekspresikan kaitan antara konsep-konsep lain , dan dipelajari melalui defenisi. belajar aturan, level keterampilan yang lebih tinggi, melibatkan pemberian respons terhadap seluruh kategori situasi dengan menggunakan kelompok tertentu.
mengonstruksi hierarkidimulai dengan tujuan akhir untuk pembelajaran dan kemudian menanyakan apa yang akan mampu dilakukan pemelajar untuk mencapai tujuan, jika hanya diberi petunjuk verbal. jawabannya akan mengindikasikan keterampilan subordinatselanjutnya yang tertinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar